Cara Merawat Bunga Mawar Putih

Cara Merawat Bunga Mawar Putih

Ada berbagai macam jenis bunga mawar, bunga yang sangat cantik ini konon bunga yang melambangkan cinta. Bunga ini sering di jadikan simbol kesetiaan, apabila seorang pria memberika mawar kepa seorang wanita itu berarti pria itu mencoba untuk setia pada pasangannya. Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali warna bunga mawar, tapi yang paling sering kita jumpai adalah bunga mawar merah dan bunga mawar putih.

Bunga mawar merah sering di bilang bunga yang melambangkan kesetiaan, di dukung juga oleh warnanya yang merah, sedangkan warna putih di lambangkan sebagai simbol cinta yang suci. Untuk kali ini kami akan membahas tentang bunga mawar putih.

mawar putihMenanam bunga mawar putih sangat mudah dan tidak ribet juga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Karena bunga mawar putih dapat tumbuh di daerah panas, sedang maupun dingin. Jadi sangat memungkinkan di perkotaan juga menanam bunga mawar putih. Media tanam yang dibutuhkan yaitu tanah yang berhumus dan perairannya lancar. Bunga ini akan kurang subur jika di tanam di tanah yang terlalu gembur atau berpasir.

Tidak lupa peran sinar matahari yang bagus juga membantu pertumbuhan bunga mawar putih ini. Bunga mawar putih bisa di kembang biakkan dengan cara bermacar macam bisa melalui biji, setek, okulasi, cangkokan, dan membelah anakkan. Dan cara yang paling praktis mengembang biakkan bunga mawar itu dengan cara setek. Dalam pertumbuhan bunga mawar perlu dilakukan pemangkasan yang sering, agar pada tangkainya selalu tumbuh berbunga.

Jika anda sulit atau tidak paham dengan cara setek, anda dapat menanam bunga mawar melalui bibitnya. Bibit bunga mawar putih sudah banyak di temui di mana-mana. Dan cara menanamnya pun mudah. Berikt adalah cara-cara untuk menanam bunga mawar putih:
Buatlah lubang tanam dengan jarak yang agak berjauhan 60-60cm atau 70-70cm, tapi itu tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya.

Untuk membuat lubang, di perlukan sekop yang melengkung supaya bentuk lubang tersebut silindris. Ukuran lubang sekitar 45-45-45cm, kedalamannya pun di samakan.
Lakukanlah penanaman saat awal musim hujan, agar tanah lembab dan subur.

Bongkar bibit tanaman mawar yang berasal dari bibit yang sebelumya secara cabutan
Lalu potong sebagian akar-akarnya dengan menggunakan gunting.
Rendam bibit mawar dalam air selama 15-30menit
Tanam bibit mawar di tengah-tengah ludang yang sudah dibuat sebelumnya lalu atur akarnya agar menyebar ke seluruh arah pada lubang tersebut.

Padatkan tanah di sekeliling batang tanaman mawar agar akar-akarnya dapat kontak langsung dengan tanah yang berair.
Siram tanaman dengan air di sekeliling batang tanaman bunga mawar hingga basah.
Lalu pasang naungan sementara yang terbuat dari anyaman bamu untuk melindungi tanaman dari teriknya sinar matahari.