Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta

Tanaman Gelombang Cinta merupakan tanaman hias tropis yang mempunyai daya tarik tinggi sebagai tanaman hias dalam ruangan, sebab bentuk daun dan bunganya yang indah. Gelombang Cinta merupakan salah satu jenis tanaman Anthurium. Anthurium yang berdaun indah merupakan tanaman asli Indonesia, sedangkan yang biasa digunakan untuk bunga potong berasal dari Eropa.

Di negara kita ini, setidaknya terdapat 7 jenis anthurium, yaitu Anthurium hibridum (lidah gajah), Anthurium cyrstalinum (kuping gajah), Anthurium scherzerianum, Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, Anthurium pedatoradiatum (wali songo), dan Anthurium makrolobum.

Di masa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon katanya, dipuja sebagai tanaman para raja.

Secara garis besar anthurium dibedakan menjadi dua yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium daun mempunyai daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid ataupun spesies. Pada umumnya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong.

Cara Menanam Tanaman Gelombang Cinta

Perbanyakan tanaman hias gelombang cinta. dapat dilakukan dengan biji dan split (pemisahan). Tentang cara dan tekniknya telah banyak ditulis di media massa maupun artikel di Internet. Di sini kami cuma menulis mengenai apapun yang mesti diperhatikan ketika proses split Anthurium.

Cara split dapat dilakukan pada waktu masih anakan, yaitu memisahkan dengan menyisakan sedikit umbi bonggol untuk tumbuhnya akar dan tunas. Cara termudah dilakukan pada Anthurium yang tumbuh rumpun lebih dari satu. Pada tanaman yang sudah dewasa, teknik split dilakukan dengan memotong bonggol menjadi beberapa bagian selama masih ada ruas tunas pada bonggol dan sedikit akar akan menimbulkan tunas anakan baru.

Kelebihan cara ini merupakan pertumbuhan yang lebih cepat tumbuh besar dibandingkan tanaman gelombang cinta yang berasal dari biji. Dan kelemahan teknik split ialah sosok Anthurium susah untuk tumbuh roset dan kompak, baik tajuk daun maupun besar dan panjang daun terlihat kurang proporsional.

Namun hal ini dapat diantisipasi dengan perawatan yang baik dan proses penyinaran matahari yang merata untuk membentuk tajuk daun yang bagus.

Apakah produktivitas indukan yang berasal dari split akan berkurang dibandingkan indukan dari biji? Menurut pengalaman kami, memang indukan dari split akan berkurang namun tak terlalu jauh perbedaannya dengan indukan dari biji. Dalam ilmu tanaman memang mengungkapkan demikian.

Namun perlu diketahui bahwa jumlah biji dari tongkol juga dipengaruhi oleh proses penyerbukan dan kebutuhan nutrisi yang memadai.

Masing-masing jenis pada tanaman hias bunga Gelombang Cinta juga berbeda besar tongkol dan produktivitas biji yang dihasilkan. Misal, Tongkol Gelombang Cinta dapat menghasilkan ribuan biji yang tentu saja berbeda dengan jenis Hybrid seperti Black Beauty yang cuma dapat menghasilkan ratusan biji dalam setiap tongkolnya