Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Oleander

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Oleander

Bunga oleander, bunga jepun atau bunga mentega adalah salah satu tanaman bunga perdu anggota keluarga Apocynaceae yang bisa berbunga sepanjang tahun. Bunga oleander berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Bunga oleander dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 2-5 meter. Bunga oleander mirip dengan bunga kamboja, terdapat berbagai varian warna bunga oleander mulai dari warna pink, merah, putih, kuning dan lain sebagainya.


Cara Menanam Bunga Oleander Dalam Pot
Sebelum penanaman dilakukan, siapkan media tanam dan pot terlebih dahulu. Media tanam yang dapat digunakan dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Pot yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran bibit bunga oleander yang akan ditanam.

Cara Merawat Bunga Oleander Dalam Pot
Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga oleandra yaitu berupa penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan secara teratur setiap sekali dalam sehari dan jika tanaman sudah tumbuh dengan baik penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja atau bisa dilihat kondisi media tanamnya dulu.

Lakukan pemupukan secara rutin minimal setiap dua bulan sekali. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk tabur maupun pupuk buatan atau pupuk organik.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Dalam Pot

Pembibitan atau perbanyakan bunga oleander ini dapat dilakukan dengan cara stek batang. Batang yang akan dijadikan bibit dipilih dari batang yang sudah cukup umur (minimal telah berumur sekitar 6 bulan). Jika sudah ditentukan batang mana yang akan dijadikan bibit, selanjutnya batang di potong miring dengan menggunakan pisau tajam dan bisa langsung ditanam agar tidak layu.