Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Kertas

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Kertas

Dalam teknik menanam, tahap pertama yang harus dilakukan adalah pembenihan. Begitu pula dengan bunga kertas ini. dalam pembenihan bunga kertas, lakukan hal-hal berikut:

  1. Siapkan benih bunga kertas yang akan disemai sebelum ditanam. Benih bunga kertas bisa anda dapatkan dengan dari indukan bunga kertas yang berkualitas. Pilihlah indukan bunga kertas yang telah tua karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas bunga yang akan Anda dapatkan.
  2. Setelah mendapatkan sumber benih yang cocok, ambil dan potong bunganya.
  3. Jemur bunga tersebut di bawah sinar matahari yang panas.
  4. Setelah itu, ambil biji bunga kertas untuk dijadikan sebagai benih bunga kertas yang baru.
  5. Jika biji telah kering, semai biji dengan menggunakan campuran tanah, sekam padi dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  6. Benamkan biji bunga kertas ke dalam media semai tersebut lalu siram dengan air secukupnya.
  7. Biarkan selama kurang lebih 7 hari atau sampai benih tumbuh berkecambah dan juga memiliki beberapa daun. Kira-kira bibit bisa ditanam ketika tingginya telah mencapai 30 cm.
  8. Selain menggunakan biji, Anda juga bisa menggunakan stek batang dengan memotong batang dari bunga kertas. Panjangnya sekitar 20 cm dari pucuk batang. Setelah itu, batang bisa ditancapkan ke dalam polybag yang berisi media semai tadi. Tutupi dengan menggunakan botol air mineral yang dipotong-potong dan diberi lubang kecil-kecil. Sirami dengan air secara rutin sampai tumbuh daun dan menjadi bibit yang bisa ditanam.

Perawatan Bunga Kertas

Merawat bunga kertas ini tergolong sangat mudah sehingga anda tak perlu ribet dalam menjaganya. Nah untuk merawat bunga kertas ini, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Pastikan tanaman bunga kertas ini diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan bunga kertas sangat membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya.
  2. Lakukan penyiraman secara teratur karena bunga kertas juga sangat membutuhkan air untuk pertumbuhannya.
  3. Meskipun begitu, bunga kertas juga memiliki masa tidak memerlukan air yang disebut dengan masa kering yaitu ketika munculnya kuncup bunga selama 3 sampai 4 hari.
  4. Jangan lupa lakukan pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang berupa kotoran kambing yang diberikan pada masa kering bunga kertas atau masa tidak memerlukan air tadi.