Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Dahlia

Bunga hias – Bunga dahlia adalah tanaman hias yang sangat populer di dunia. Bunga dahlia sangat cocok ditanam di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim. Hal tersebut karena bunga dahlia dalam proses pertumbuhannya membutuhkan pancaran sinar matahari secara langsung.

Jenis bunga dahlia yang banyak ditanam

Zinnia Giant Dahlia Scarlet

Zinnia Giant Dahlia Scarlet

Hampir sama dengan jenis benary, tetapi bunga dahlia ini tumbuh lebih besar yang mencapai 10-15 cm per kepala bunga. Kelebihan dari Dahlia jenis ini adalah sangat cepat berkecambah dengan proses penyemaian yang sangat singkat, hanya membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari saja.

Bunga Dahlia merupakan jenis tanaman tahunan, Yang hanya berbunga setahun sekali, dan tergolong jenis tanaman umbi yang lunak. Sehingga membutuhkan perawatan yang lebih daripada jenis umbi yang kuat seperti Bunga Tulip.

Zinnia Giant Dahlia Mix

Zinnia Giant Dahlia Mix

Dahlia jenis ini banyak menjadi favorit penggemar bunga Dahlia. Karena akan membuat taman lebih hidup dengan warna warni bunga yang berkembang. Tumbuh tinggi hingga 1,2 meter dengan kepala bunga yang besar tentu saja akan banyak menarik perhatian setiap orang yang melewatinya.

Merupakan hasil persilangan dari jenis bunga dahlia giant yang lain, percampuran tersebut malah menghasilkan bunga Dahlia yang lebih populer dari bibit bunga aslinya. Nanti akan dijelaskan bagaimana cara menanam bunga dahlia di segmen selanjutnya.

Zinnia Sunbow Mixed

Zinnia Sunbow Mixed

Hampir sama dengan giant dahlia mix, hanya saja Sunbow mixed memiliki kepala bunga yang lebih kecil dan tumbuhnya hanya setinggi sekitar 60 cm. Sunbow juga tidak kalah populernya dengan jenis campuran lainnya,

Karena ukurannya yang lebih kecil sehingga banyak digemari orang dan menjadikannya buket bunga atau karangan bunga sebagai kejutan dan hadiah bagi orang-orang tersayang. Dan jenis Dahlia ini yang paling banyak di jual di toko-toko bunga.

Cara Menanam Bunga Dahlia

  • Langkah Pertama:
    Carilah lokasi tanam yang bagus, karena Dahlia memerlukan banyak sinar matahari sehingga Anda harus menghindari menanam Dahlia di area yang tertutup oleh bayangan bangunan rumah atau bangunan lainnya agar sinar matahari dapat langsung memancar ke tanaman Dahlia.

    Pastikan dulu bahwa tanah untuk menanam terbebas dari bebatuan, alang-alang, atau rumput liar. Jadi sebaiknya galilah tanah lebih dahulu, sebaiknya ditanam memanjang. Campurkan tanah galian dengan pupuk organik/kandang agar lebih gembur dan subur untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

  • Langkah Kedua:
    Setelah tanah sudah dipersiapkan dan dicampur dengan pupuk kandang, gali lubang kecil-kecil sedalam kira-kira 5-10 cm tergantung jenisnya. Untuk lebih jelasnya, ikutilah petunjuk dalam kemasan, karena kami juga memberikan petunjuk cara menanam bunga Dahlia dalam setiap kemasannya. Jika benih sudah ditanam, tutup kembali tanahnya dan siram dengan air secukupnya, tetapi jangan sampai ada genangan. Lalu tutupilah dengan dedaunan untuk melindungi bibit setelah ditanam.
  • Langkah Ketiga:
    Cek secara berkala bibit bunga dahlia Anda. Ketika sudah mulai tumbuh, lindungi dari segala hewan atua binatang yang suka mengganggu tanaman. Anda bisa membuat kurungan atau melindunginya dengan jaring. Asal jangan dengan penutup yang menghalangi pancaran sinar matahari.