Cara Menanam Tanaman Aglaonema

Tanaman Aglaonema atau lebih populer dengan nama Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang juga biasa disebut sebagai ratu tanaman. Bentuknya anggun dan cantik. Nilai bisnis tanaman hias ini amat tinggi. Biasanya Aglaonema dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Pada dasarnya cara menanam aglaonema terbagi menjadi 2, yaitu dengan vegetatif dan generatif. Cara menanam aglaonema secara vegetatif atau tidak kawin dilakukan dengan stek, cangkok, dan pemisahan anakan.

Sedangkan cara menanam aglaonema secara generatif atau kawin bisa dilakukan dengan menanam biji aglaonema. Dengan singkat, langkah penanaman tanaman hias aglaonema dijelaskan dalam poin berikut:

Menanam Aglaonema dengan Biji

Agar dapat menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang berasal dari indukan yang sudah cukup tua atau berumur. Untuk mempercepat munculnya kecambah, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.

Menanam Aglaonema dengan Stek

Menanam tanaman hias aglaonema melalui stek bisa dilakukan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilihlah indukan yang mempunyai batang kokoh dan mempunyai setidaknya 5 daun tersisa sesudah diambil pucuknya untuk menjaga indukan tetap hidup sesudah dipotong pucuknya.

Potong pucuk indukan yang terpilih, setidaknya sampai 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan taruh di tempat yang cukup teduh. Kelemahan dari cara menanam aglaonema dengan stek pucuk ini yaitu induk yang diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

Menanam Aglaonema dengan Cangkok

Menanam aglaonema dengani cangkok tidaklah terlalu sulit tapi perlu ketelitian. bila berhasil kamu akan mendapatkan tanaman baru secara cepat, tetapi bila tidak berhasil indukan yang dicangkok akan mengalami pembusukan batang.

Cara menanam aglaonema dengan cangkok dimulai dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan ialah tanaman yang mempunyai batang yang kokoh dan sudah berwarna cokelat, daun batang dengan warna ini pada umumnya sudah gugur atau bila belum daun akan gugur dengan gampang ketika tersentuh manusia.

Bila sudah menemukan batang yag cocok, kelupas sedikit batang pohon sampai terlihat bagian dalamnya yang putih dan liat. Lapis bagian ini dengan kombinasi tanah sekam, pasir malang, humus kamu, dan pakis dengan perbandingan 1:5:2:2 dan bungkus memakai plastik.

Setelah terbungkus rapat, berilah lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus ini 2 kali dalam satu hari dan tanaman aglaonema baru siap dalam 3 sampai 4 minggu.

Menanam Aglaonema dengan Pemisahan Anakan

Cara menanam aglaonema dengan pemisahan anakan bisa dilakukan dengan memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Anakan yang bisa dipisahkan ialah anakan yang sudah mempunyai daun yang mekar dan sudah tidak tergulung.

Tetapi sebelum memustuskan untuk memotong akar sambung, pastikanlah indukan mempunyai akar yang kuat. Akar yang kuat ditandai dengan warnanya yang putih dan gemuk.

Agar mempercepat proses penunasan kembali sesudah dilakukan pemisahan anakan, potong pucuk indukan sampai tersisa 1 daun saja. Cara ini akan sangat berfungsi untuk merangsang aglaonema membentuk tunas baru.