Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda

Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda

Cara Menanam Bunga Alamanda

Cara Menanam Bunga Alamanda sangat mudah di tanam di mana saja, sebab dia mudah menyesuaikan diri dengan segala keadaan. Cara yang paling tepat untuk menanam Bunga Alamanda ini adalah dengan stek. Karena kalau menggunakan biji, membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lokasi paling cocok untuk menanam Bunga Alamanda adalah di pinggir tembok atau pagar. Karena tanaman ini batangnya tidak dapat berdiri tegak dan terus menjalar. Sehingga tembok dapat dijadikan tempat sandaran. Jika diletakan di tengah taman kelihatan tidak bagus, karena dapat tumbuh tinggi dan menjalar, sehingga dapat mengganggu pemandangan.

Di beberapa tempat, bunga Alamanda ditanam di pinggir jalan, tapi dengan menggunakan besi ( kawat ) peyangga atau tembok dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat dipakai sebagai atap peneduh jalan. Karena ketika sudah tumbuh, batang dan daunnya akan menjalar dan menutupi semua besi.
Sedang bila di komplek perumahan, kembang ini sering diletakkan di bagian pintu gerbang sebelah pinggir atau pagar.

Cara Merawat Bunga Alamanda

Untuk Perawatan Bunga alamanda mudah tumbuh dan perkembangannya cepat, terutama ketika musim hujan. Sehingga pada waktu ini pemangkasan harus sering dilakukan agar tumbuhnya tetap teratur dan rapi.

Selain itu bunga alamanda juga tak mengenal musim. Jadi dia akan berbunga secara terus menerus sepanjang tahun. Bila rajin dilakukan pemotongan, maka dia juga akan lebih sering mengeluarkan bunga. Apalagi ketika dia berada di lokasi yang terkena sinar matahari secara penuh, terutama di waktu pagi dan sore.

Bunga alamanda adalah termasuk bunga yang kebutuhan airnya cukup banyak. Jadi ketika musim panas tiba, sebaiknya tetap di siram agar tak kekeringan dan mati. Sedangkan di musim hujan tanaman ini tak perlu disiram, sebab sudah mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Pohon alamanda daunnya juga lebat, ketika daunnya ada yang kering tidak langsung jatuh ke tanah, namun jatuh disela-sela batangnya, daun dapat menjadi busuk. Hal ini perlu di bersihkan agar bunga Alamanda tampat tetap cantik.

Karena bila tak segera diambil dapat memunculkan jamur atau memunculkan hama bekicot atau binatang lain yang membuat bunga alamanda tak dapat tumbuh sehat.