Cara Menanam Bunga Portulaca

Bunga Portulaca atau yang lebih dikenal dengan bunga krokot atau tanaman krokot (Moss Rose) merupakan jenis tanaman hias bunga dari suku Portulacaceae. Bunga portulaca disebut juga dengan bunga sutra bombay , bunga cantik manis dan bunga pukul sembilan.

Bunga portulaca berdaun Runcing, lebih tahan terhadap cuaca, mahkota bunganya kebanyakan tumpuk, tumbuh mendatar di tanah dan jenis ini sangat cocok dijadikan tanaman penutup tanah. Sedangkan bunga portulaca berdaun bulat memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dari bunga portulaca berdaun runcing apabila terlalu panas maka akan layu, terlalu basah maka akan mengalami busuk akar dan batang, kebanyakan hanya memiliki mahkota bunga selapis dengan beragam corak dan tumbuh tidak terlalu mendatar.

Cara Menanam Bunga Portulaca

Menanam bunga portulaca ini dapat dilakukan melalui biji benih maupun melalui stek batang. Ukuran jenis benih bunga portulaca sangat kecil, jadi saat melakukan penyemaian sebaiknya berhati-hati. Semaikan benih portulaca pada media tanam dengan cara ditabur tanpa ditutup kembali dengan media tanam. Lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer agar benih tidak terbawa air. Jaga kelembaban media tanam maka dalam beberapa hari benih akan tumbuh.

Menanam bunga portulaca dengan stek batang sangat mudah, anda hanya perlu mengambil potongan batang bunga portulaka lalu tancapkan ke media tanam. Setelah beberapa hari, bibit stek akan memiliki berakar.

Cara Merawat Bunga Portulaca

Karena bunga portulaca atau bunga krokot ini termasuk tanaman sekulen atau tanaman yang mengandung air pada bagian tubuhnya baik itu di daun, batang atau akarnya. Untuk itu, penyiraman dilakukan seperlunyan saja jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan tanaman membusuk.

Lakukan pula pemupukan dengan menggunkan pupuk organik ataupun pupuk kimia, anda dapat melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sdm pupuk dilarutkan dalam 1 liter air untuk 5 pot. Siramkan pupuk tersenbut namun jangan terlalu dekat dengan batang tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 1 atau 2 minggu sekali.

Selain perawatan tersebut, agar tanaman portulaca atau tanaman krokot ini lebih rajin berbunga lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga dapat dilakukan untuk mereplant bunga portulaca ini.