Cara Menanam Bunga Lobelia dalam Pot

Cara Menanam Bunga Lobelia dalam Pot

Menanam bunga lobelia hampir sama dengan menanam tanaman bunga lainnya dalam pot asalkan dengan cara yang tepat. Ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Menabur benih: Siapkan media tanam, taburi benih bunga secara menyeluruh di atasnya. Tekan tanah secara perlahan untuk menghilangkan udara di dalamnya.
  • Tahap penyemaian benih: Simpanlah tanaman di tempat yang teduh atau di dalam ruangan. Benih ini menyukai kelembaban yang konstan dan sedikit air. Cara terbaik menjaga kelembaban media tanam adalah dengan menyemprotkan air secara bertahap. Jika benih terlalu banyak terendam air maka membutuhkan yang lama untuk tumbuh. Proses ini membutuhkan waktu selama 3 minggu untuk berkecambah. Setelah itu, simpanlah di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  • Pemindahan ke pot: Pindahkan atau cabut tanaman yang paling kecil diantaranya agar tanaman yang lebih besar tetap tumbuh sehat dan kuat. Teruskan perawatan hingga benih tumbuh setinggi 3-4 inci.
  • Tahap penguatan (hardening). Proses ini dilakukan agar tanaman menjadi kuat, tahan kering dan tidak mudah patah. Letakkan tanaman di bawah sinar matahari selama sejam pada hari pertama, tingkatkan durasinya secara bertahap hingga akhirnya tanaman dapat berdaptasi langsung dengan sinar matahari sepanjang hari.
  • Pemindahan. Kini tanaman sepenuhnya bisa diletakkan di luar ruangan.

Tanaman bunga Lobelia tidak hanya terkenal karena bunganya yang cantik dan memiliki beragam warna seperti ungu, biru, merah dan putih, tapi tanaman ini juga dikenal karena sangat mudah tumbuh melalui bijinya. Selain itu, mereka mampu tumbuh hampir di semua musim. Ketika ingin menanamnya melalui biji, Anda dapat melakukannya dengan cara yang paling mudah, yaitu menaburkannya di atas tanah. Namun, tidak dapat dipastikan bunga Anda tumbuh dengan jarak yang teratur. Untuk hasil yang terbaik lakukan penyemaian terlebih dahulu.