Bunga Kembang Sepatu dan Manfaatnya

Bunga Kembang Sepatu dan Manfaatnya

Bunga hias – Menanam bunga kembang sepatu di pekarangan rumah adalah sebuah pilihan yang bijak. Selain dapat berfungsi sebagai memperindah taman, bunga sepatu juga dapat memiliki banyak manfaat dan fungsi sebagai tanaman obat.

Tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena berbagai kandungan senyawa yang ada didalamnya seperti flavonoida, cyanidin diglucosid, taraxeryl acetat, saponin, polifenol, tanin, saponin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase.

Senyawa-senyawa ini pada penyakit tertentu dapat membantu melemahkan berbagai jenis organisme penyebab penyakit. Khasiat dan manfaat bunga kembang sepatu tersebut dapat berfungsi mengobati berbagai jenis penyakit seperti kencing nanah, batuk lendir, batuk berdarah, demam, bronkitis, gondongan, melancarkan haid, sariawan, mengatasi masalah keputihan, menghentikan darah mimisan, radang usus, dan TBC.

Bunga Kembang Sepatu dan Manfaatnya

Berikut beberapa resep pengobatan untuk mengobati jenis penyakit di atas.

  • Untuk menyembuhkan TBC
    Haluskan 3 kuntum bunga sepatu, lalu tambahkan 1/2 gelas air hangat dan 1 sendok madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk melancarkan dahak.
  • Untuk mengobati kencing bernanah
    Rebus 5 kuntum bunga sepatu dan 15 gram daun sambiloto dalam 2 gelas air. Biarkan hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas kemudian saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat diminum. Agar terasa manis, air rebusan dapat ditambah madu secukupnya.
  • Untuk menumbuhkan rambut
    Remas-remas hingga halus 15 helai bunga sepatu putih dalam 1 gelas air hangat. Setelah hancur, siramkan air tersebut perasan ke kulit kapala secara perlahan sambil dipijat-pijat.
  • Untuk mengobati batuk lendir dan batuk berdarah
    Remas 2 kuntum bunga sepatu yang sudah dicuci bersih untuk mengambil sarinya. Sari tersebut kemudian diseduh dengan air panas dan diamkan atau diembunkan selama 1 malam. Esok harinya, air seduhan sari bunga sepatu tersebut dapat diminum.
  • Untuk mengobati bronkitis
    Haluskan 2 kuntum bunga sepatu lalu seduh dengan air panas ditambah sedikit garam. Air seduhan dapat diminum saat sudah hangat. Lakukan ini 2 kali sehari.
  • Untuk mengobati demam
    Rebus hingga mendidih 5 helai daun bunga sepatu ditambah 1 helai daun pepaya dan sedikit garam, kemudian minum saat masih hangat.
  • Untuk mengobati gondongan
    Rebus 5 helai daun dan 3 kuntum bunga sepatu dalam 2 gelas air, biarkan hingga menjadi 1 gelas saja, lalu saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat di minum.
  • Untuk melancarkan haid
    Haluskan 3 kuntum bunga sepatu, masukan ke dalam 1 gelas air matang dan beri sedikit cuka beras. Minum sebanyak 3 kali sehari hingga haidh menjadi lancar.
  • Untuk mengobati bisul
    Rajang halus 5 lembar daun dan 2 kuntum bunga kembang sepatu, lalu lekatkan langsung pada bagian yang terkena bisul. Lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Untuk mengobati jerawat
    Rendam 3 kuntum bunga sepatu yang sudah diiris kecil-kecil di dalam segelas air selama 1 malam. Campurkan sedikit madu ke dalamnya lalu gunakan sebagai obat pencuci muka yang berjerawat. Lakukan ini setiap bangun tidur.
  • Untuk menjadi obat anti penuaan
    Haluskan beberapa kuntum bunga untuk digunakan sebagai masker ketika hendak tidur.