Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias di Rumah

Bunga hias – Bunga Bromelia adalah kelompok tanaman yang masuk dalam keluarga Bromeliaceae atau nanas-nanasan yang terdiri dari 3000 spesies dengan ratusan hingga ribuan hibrida.

Tanaman yang bersal dari Amerika ini beberapa diantaranya berhabitat asli Afrika seperti Pitcairnia. Bunga Bromelia ini memiliki daun yang tersusun rapi dan rapat.

Tanaman yang masih keluarga nanas ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin C. Orang Amerika lebih mengenal bromelia ini sebagai tanaman obat untuk obat cacing.

Tanamanan bunga Bromelia ini memiliki daun yang beraneka ragam dengan corak yang mempesona.

Berikut beberapa jenis bunga bromelia yang indah:

Bromelia Merah

Bromelia Merah

Bromelia Kuning

Bromelia Kuning

Bromelia Ungu

Bromelia Ungu

Cara Pembibitan Bromelia:

Pembibitan bromelia dapat dilakukan dengan cara induksi anakan. Selanjutnya siapkan bambu atau lidi berukuran 20 cm untuk menusuk kuncup tanaman tersebut.

Setelah didapat bambu yang sebesar tusuk satu dan panjang 10 cm, masukkan ujung bambu ke larutan fungisida lalu tusukan ke bagian kuncup bromelia dan biarkan selama beberapa minggu, biasa setelah 40 hari akan muncul banyak tunas anakan di pangkal batang induk dan apabila sudah memiliki 3-5 daun, anakan dapat dipisahkan dari indukan.

Media Tanam Untuk Bunga Bromelia

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga bromelia harus bisa membuang air agar air tidak menggenangi pot karena lembab. Jika media tanam lembab maka akan membuat akar tanaman ini membusuk.

Media tanam yang digunakan jangan tanah, namun berupa sekam bakar yang dicampur dengan humus dan serbuk kelapa atau bisa juga menggunakan sabut, pakis, sekam yang dicampur dengan pasir.

Jika bromelia akan digunakan untuk tanaman hias dalam ruangan, media tanam yang digunakan dapat berupa cocopeat.