Beberapa Manfaat Tanaman Bunga Kembang Sepatu

Beberapa Manfaat Tanaman Bunga Kembang Sepatu

Bunga hias – Dibalik keindahan kembang sepatu, tanaman ini menyimpan banyak manfaat yang belum banyak orang tahu. Hampir sebagian besar dari bunga ini memiliki manfaat dalam pengobatan.

Beberapa Manfaat Tanaman Bunga Kembang Sepatu

Berikut beberapa manfaat dari Tanaman Bunga Kembang Sepatu :

Menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

Air rebusan daun kembang sepatu bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Obat Sulit Kencing

Rebusan bunga sepatu bisa dipakai untuk menyembuhkan sulit kencing (buang air kecil).

Turunkan berat badan

Kandungan rendah kalori dan serat yang tinggi. Efektif untuk menurunkan berat badan. Air rebusan daun bunga sepatu bisa diminum secara rutin.

Obat Sariawan

Daun bunga sepatu dapat digunakan untuk obat sariawan. Rebus daun bunga sepatu,lalu airnya diminum sebagian untuk berkumur.

Proteksi Terhadap Infeksi

Daun kembang sepatu kaya Vitamin C, mineral, serta antioksidan. Nutrisi tersebut juga bisa membuat perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernapasan, asma, bronkhitis, dan batuk.

Obat Demam

Bunga Sepatu mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal semua radikal bebas penyebab dari berbagai macam penyakit. Daun bunga sepatu biasa untuk menurunkan obat demam. Caranya dengan merebus daun bunga sepatu. Air rebusannya untuk diminum. Sementara airnya juga bisa dipakai sebagai kompres. Air rebusan daun kembang sepatu efektif untuk menurunkan panas.

Obat Gonorrhea

Bunga dan daun bunga sepatu bisa digunakan untuk penyembuhan sakit Gonorrhe atau kencing nanah. Cuci bersih bunga/daun kembang sepatu, kemudian rebus selama 15 menit. Setelah dingin di diamkan sehari ,esok harinya baru di minum.

Jaga Kesehatan Kulit

Remas daun-daun dan tempelkan di bagian tubuh. Kandungan minyak dalam daun bunga sepatu dapat digunakan untuk membersihkan wajah, mengangkat sel-sel mati, dan menghaluskan kulit. Minyak/lendir yang ada dalam daun kembang sepatu mengandung inflamasi atasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Bisa diminum airnya, atau digunakan sebagai bahan masker untuk kulit wajah.

Cegah Penyakit Keputihan atau Menstruasi

Rebusan daun bunga sepatu atau teh bunga sepatu bisa digunakan untuk mencegah PMS (premenstrual syndrome). Teh bunga sepatu bisa mengurangi stres karena tubuh semakin relaks dan menambah energi. Air rebusan bisa dipakai sebagai obat dengan cara diminum.