Arti, Makna, dan Manfaat Bunga Camelia

Arti, Makna, dan Manfaat Bunga Camelia

Bunga hias – Jangan mengaku pecinta bunga kalau belum mengenal bunga cantik yang satu ini. Ialah Camelia, dari namanya saja sudah terdengar cantik. Camelia adalah bunga dengan mahkota berukuran besar dan berlapis-lapis. Ia terdiri dari beragam warna menarik seperti putih, pink, kuning, merah dan ungu.

Tanaman hias bunga camelia sangat populr dan dihormati di wilayah Cina Barat Daya. Bunga hias yang satu ini menjadi bunga nasional kerajaan kuno selatan.

Arti dan Makna Bunga Camelia

Bunga yang aslinya berasal dari Cina ini melambangkan penyatuan sepasang kekasih. Petal bunganya yang halus dan berlapis melambangkan seorang wanita dan kelopaknya berwarna hijau yang menopang mahkota di ibaratkan sebagai laki-laki yang melindunginya.

Bunga camelia ini dinamakan oleh seorang ahli botani Georg Joseph Kamel pada akhir abad ke-17. Meski tidak ada sumber yang mengatakan jika ia ada kaitannya dengan bunga camelia, namun Bapak Taksonomi Carl Linnaeus memberikan kontribusi tersebut pada dunia farmasi.

Masing-masing warna bunga camelia memiliki simbolik

  • Camelia putih melabangkan kekaguman dan biasanya diberikan kepada orang yang disukainya.
  • Camelia pink melambangkan kerinduan seseorang dan diberikan kepoada seseorang yang sudah lama dirindukan.
  • Camelia merah melambangkan cinta, gairah dan keinginan yang mendalam.

Fakta Bunga Camelia

  • Camelia adalah bunga resmi negara bagian Albania pada tahun 1959.
  • Camelia merujuk pada angka 11
  • Camelia japonica adalah salah satu spesies yang paling populer dan dikenal di jepang hingga dijuluki bunga Tsubaki
  • Camelia putih memiliki makna khusus dalam novel populer berjudul To Kill A Mockingbird karya Harper Lee.
  • Ada lebih dari 40.000 kultivar bunga camelia yang telah terdaftar.

Kegunaan Bunga Camelia

Bunga camelia dapat dijadikan untuk bahan membuat teh hijau dengan mengeringkan daun ini. Daun dan bunganya yang telah kering mengandung kafein yang tinggi. Teh hijau dari bunga camelia terkenal karena kandungan antioksidan tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kolestrol, mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketika bunga camelia muncul dalam mimpi, maka seorang yang sedang bermimpi sedang memikirkan seseorang yang telah berpisah jauh dan telah lama tidak bertemu.

Arti, Makna, dan Manfaat Bunga Camelia

Bunga camelia juga mengandung minyak esensial yang dapat menutrisi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Menambahkan minyak camelia pada rambut dan kuku akan membuatnya lebih sehat. Minyak bunga camelia juga biasa digunakan sebagai minyak masakan di Cina.