Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Bunga hias – Bunga mawar di dunia ini terdiri dari 100 spesies lebih dan memiliki  berbagai aneka warna, tidak hanya warna merah, kuning, putih, dan pink saja, tetapi ada puluhan gradiasi warna yang berbeda. Dalam dunia psikologi, aneka warna bunga mawar tersebut mengandung arti yang berbeda-beda, sehingga ketika anda ingin menyampaikan satu pesan khusus, maka warna bunga mawar yang anda pilih harus sesuai agar dapat mewakili perasaan dan maksud hati anda.

Bunga yang satu ini memang identik dengan dunia asmara, karena sering digunakan para pasangan kekasih untuk mengungkapkan isi hati mereka. Di beberapa kebudayaan dan bangsa, setiap warna bunga mawar memiliki bahasa tertentu. Sehingga, anda harus cermat untuk memilih warna bunga yang tepat. Jangan sampai anda mengirimkan bunga mawar warna kuning kepada kekasih anda, karena itu maknanya sebagai friendship (persahabatan).

Kesalahan ini justru bisa membuat hubungan cinta anda menjadi terganggu dan salah paham. Ada yang menyebutkan jika anda ingin menyampaikan perasaan hati anda dengan bunga mawar, pilihlah warna yang sesuai dengan bahasa bunga tersebut. Dibawah ini arti bunga mawar berdasarkan warnanya.

1. Mawar Merah

Mawar Merah

Mawar merah dinyatakan sebagai sebuah ekspresi cinta yang nyata. Intinya, mawar merah artinya Aku Cinta Kamu. Selain itu, mawar merah dapat mengekpresikan emosi/perasaan yang mendalam, baik itu cinta, kerinduan atau keinginan. Mawar merah juga dapat digunakan untuk menyampaikan rasa hormat, kekaguman atau pengabdian. Sebuah mawar merah tua dapat digunakan untuk menyampaikan penyesalan tulus dan kesedihan. Jumlah mawar merah memiliki arti romantis khusus. 12 mawar merah adalah yang paling populer dari semua yang menyampaikan “Be mine” dan “I love you”. Kenapa harus 12? Karena angka tersebut adalah jumlah bulan selama satu tahun, artinya setiap bulan aku selalu mencintai kamu. Kalau pakai 13 kuntum, bisa jadi sial karena mitos.

2. Mawar Peach

Mawar Peach

Warna peach terlihat seperti merah muda kekuningan. Salah satu warna pastel ini merepresentasikan kehangatan. Mawar yang berwarna peach melambangkan kesopanan. Keindahan elegan mawar peach mengindikasikan blush lembut bagi seorang gadis. Warna mawar ini berbicara tentang keseriusan, kemurnian dan kepolosan.

3. Mawar Kuning

Mawar Kuning

Mawar kuning merupakan ekspresi kegembiraan. Mawar kuning cerah membangkitkan perasaan sukacita, kehangatan dan persahabatan. Mawar kuning adalah simbol persahabatan dan kepedulian. Mawar kuning juga diberikan kepada sahabat-sahabat yang telah sukses melakukan sesuatu, entah itu di dunia bisnis atau prestasi kerja sebagai perlambang kejayaan.

4. Mawar Salmon

Mawar Salmon

Warna salmon adalah bias warna diantara merah jambu terang kejinggaan hingga warna merah jambu, yang dinamakan berdasarkan warna isi ikan salmon. Mawar yang berwarna salmon menunjukkan “desire” (keinginan) dan “excitement” (kegembiraan).

5. Mawar Putih

Mawar Putih

Bunga Mawar Putih melambangkan kemurnian, kesucian dan ketulusan. Bunga putih umumnya diasosiasikan permulaan yang baru. Bunga mawar putih dapat digunakan untuk menyampaikan simpati atau kerendahan hati dan juga mengindikasikan spiritualitas. Mawar putih merupakan warna yg paling netral di berbagai situasi dan kondisi. Untuk mengungkapkan permintaan maaf juga biasanya menggunakan sekuntum mawar yang berwarna putih.

6. Mawar Oranye

Mawar Oranye

Campuran warna kuning dan merah, mawar oranye dipandang sebagai jembatan antara persahabatan yang dilambangkan dengan mawar kuning dan cinta diwakili oleh mawar merah. Mungkin cocok diberikan sebagai ekspresi TTM (teman tapi mesra).

7. Mawar Pink

Mawar Pink

Mawar pink (merah muda) paling cocok diberikan kepada wanita yang mempunyai kelembutan dan sensitifitas tinggi. Ada banyak variasi dari warna pink mawar. Secara umum, mawar pink digunakan untuk menyampaikan emosi yang halus seperti kekaguman, sukacita dan syukur. Mawar pink muda mekar melambangkan rasa kagum dan simpati. Mawar pink tua yang merekah untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam. Mawar yang berwarna merah muda paling pas diberikan di hari Valentine sebagai pembawa kesan romantis. Selain itu, cahaya mawar merah muda yang memancarkan kelembutan dan rasa kagum sangat cocok diberikan kepada rekan atau saudara yang sedang sakit.

8. Mawar Cream

Mawar Cream

Meskipun terlihat hampir sama dengan warna putih, mawar yang berwarna cream mengandung arti yang agak berbeda. Mawar ini mewakili pesona, perhatian, dan keanggunan. Warna krim yang terungkap dalam bunga mawar menunjukkan kepedulian tanpa bermaksud sebagai niat romantis.

9. Mawar Ungu

Mawar Ungu

Warna mawar ini menyiratkan keindahan pesona, daya tarik, kemewahan dan keagungan. Warna ungu memiliki hubungan erat dengan royalti atau kebangsawanan. Dalam hal ini, nuansa mawar lavender menunjukkan aura keagungan agung dan kemegahan. Sempurna untuk memuji bos anda; menghormati atasan; teman makan malam yang mewah. Mawar warna ungu juga sering dipakai untuk mengekspresikan cinta terpendam (pemuja rahasia).

10. Mawar Hijau

Mawar Hijau

Arti bunga mawar hijau ini adalah keharmonisan, kesuburan, dan kesejahteraan. Warna ini juga merupakan sebuah indikasi dari perdamaian serta ketenangan. Mawar hijau mengeskpresikan peremajaan dan semangat konstan. Selain itu, bunga mawar hijau ini juga dapat diartikan sebagai sebuah harapan untuk membuat kehidupan yang baru nanti lebih sejahtera ataupun harapan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik lagi.

11. Mawar Biru

Mawar Biru

Bahasa warna biru dalam mawar mempresentasikan perasaan yang tidah mudah diungkapkan. Ia juga melambangkan imajinasi dan misteri. Warna biru mengandung arti kesempurnaan dari suatu pesona atau dapat diartikan kekaguman. Bunga mawar biru ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan perasaan akan cinta pada pandangan pertama ataupun cinta yang tak terjangkau (tak mungkin). Sulit menemukan bunga mawar biru yang tumbuh alami. Para florist dan pengusaha bunga biasanya menggunakan cairan tertentu yng bisa mengubah mawar putih menjadi biru. Tak heran, jika mawar biru menjadi salah satu top seller di hari Valentine.

12. Mawar Hitam

Mawar Hitam

Mawar hitam merupakan judul lagu Tipe-X, warna ini mengeskpresikan kesedihan, berkabung, atau perubahan besar. Bunga mawar hitam merupakan salah satu jenis mawar langka, karena hanya ditemukan di hutan pedalaman yang rendah sinar matahari. Mawar hitam secara positif dapat menginspirasi sinyal kepercayaan dan lahirnya era baru yang dapat membawa harapan dan keberanian.