8 Manfaat Bunga Mawar Yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Bunga Mawar Yang Perlu Diketahui

Bunga hias – Bunga mawar merupakan jenis bunga yang paling populer di dunia ini dan hampir disetiap belahan dunia mengetahui jenis bunga hias yang satu ini. Bunga mawar terkenal karena keindahannya dan biasanya bunga ini dijadikan sebagai salah satu jenis bunga hias karena warnanya.

Bunga mawar biasa digunakan untuk memberikan penghargaan, pujian atau apresiasi kepada seseorang dan terkadang bunga mawar juga disimbolkan dengan perasaan seseorang.

Selain menjadi simbol berdasarkan warna bunganya, bunga mawar juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kecantikan perempuan.

Berikut 8 Manfaat Bunga Mawar Yang Perlu Diketahui

1. Khasiat mawar sebagai penawar racun

Daun dan kelopak bunga mawar dapat bermanfaatuntuk mendinginkan tubuh, sehingga mampumenurunkan demam, serta menghilangkan racun dari dalam tubuh.

2. Sebagai media perawatan kulit

Air mawar banayk digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan lembut bagi semua jenis kulit. Air mawar dapat bekerja dengan baik pada kulit kering maupun kulit berminyak. Air mawar memiliki kandungan astringen yang dapat mengurangi bintik kemerahan pada wajah akibat pembesaran kapiler darah.

3. Sebagai bahan pembuat masker alami

Menggunakan masker untuk kecantikan wajah tidak selalu mahal. Dengan memanfaatkan berbagai bahan alami seperti bunga mawar, setiap orang berkesempatan untuk memiliki kulit wajah yang cantik.

4. Khasiat mawar sebagai aroma terapi

Keharuman bunga mawar dapat digunakan sebagai bau terapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Bila kamu merasa sedang tidak enak badan, bau terapi bunga mawar dapat jadi solusi penenang.

5. Khasiat mawar sebagai obat pelancar haid

Selain bunganya, ternyata akar tanaman mawar juga dapat dimanfaatkan. Akar tanaman mawar dapat dipakaiuntuk mengatasi haid yang tidak teratur dan keputihan.

6. Manfaat mawar sebagai penjaga kesehatan

Mawar merah bermanfaatsebagai antiradang, aprodisiak, penyegar, penambah sekresi empedu, tonikum, pengatur haid, ekspektoran, penghilang bengkak, serta pembersih racun. Sebab itu, mawar bisa menjagakesehatan.

7. Manfaat bunga mawar sebagai bahan parfum

Mawar bisa dimanfaatkanjadi bahan baku parfum dan obat. Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk kebutuhan bahan baku parfum maupun obat. Tanaman ini mengandung zat antibiotik atau senyawa kimia yang penting dan dibutuhkan, seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalool, nerol, eugenol, fenil etil alcohol, farnesol, serta nonilaldehid.

8. Sebagai bahan cair pembersih kulit

Bunga mawar dapat dimanfaatkanuntuk perawatan kecantikan, terutama sebagai penyegar kulit serta bermanfaatsebagai pembersih bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, ataupun abses.