6 Tanaman Hias Untuk Membersihkan Udara

6 Tanaman Hias Untuk Membersihkan Udara

Berikut beberapa opsi tentang tanaman-tanaman hias yang bagus digunakan di dalam ruangan untuk membersihkan udara:

Snake Plant atau Lidah Mertua
Lidah mertua merupakan sebutan untuk semua tanaman dari genus sansevieria. Selain namanya yang unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang sangat bagus yaitu menghilangkan dan meresap racun pada udara. Daunnya tumbuh tegak menjulang dengan tekstur keras tidak berduri dan berbentuk seperti lidah. Ujung daunnya berwarna hijau keputihan dan di tengah berwarna hijau tua. Tanaman ini ampuh menyerap racun dan menyegarkan ruangan pada udara ketika sampai 100 m3.
Jadi tanaman lidah mertua akan sangat cocok jika ditempatkan pada sisi ruang tamu atau ruang kelaurag berukuran besar. Bisa juga ditempatkan di ruang kantor untuk memberi kesan hijau dan sejuk.

Sirih Gading (Devil’s Ivy atau Golden Pothos)
Sirih jenis ini memiliki corak warna gading yang menarik, di luar negeri disebut devil’s ivy atau pothos. Sangat cantik ketika ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah karena daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah. Tanaman ini juga sempurna jika digantung di dinding rumah atau disimpan di sisi jendela kamar. Selain itu, juga bisa diletakkan pada kamar mandi dengan pot bentuk yang transparan. Daunnya yang indah mampu membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polutan di udara. Ada dua (2) jenis sirih gading yang kami tawarkan di bibitbunga.com, yaitu sirih gading hijau dan sirih gading kuning.

Lidah Buaya atau Aloe vera
Tanaman penyubur rambut ini ternyata mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara, seperti benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya yang ditanam dalam pot mini dan masih berukuran kecil cocok di simpan di dalam kamar tidur atau kamar mandi. Selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi pengguna ruangan tersebut. Sementara itu, lidah buaya yang sudah berukuran besar, bisa disimpan dalam ruangan yang berukuran lebih besar lagi, seperti ruang tamu rumah Anda.

Aglonema atau Sri Rejeki
Aglaonema merupakan genus tanaman hias daun yang sangat terkenal di Indonesia dengan nama lokal bunga sri rejeki. Poin utama tanaman ini terletak pada corak daunnya yang menawan. Tumbuh tegak dengan daun lebar di dominasi warna putih dan corak-corak hijau menyebar di permukaannya. Tanaman ini paling populer di ruangan-ruangan kantor atau perhotelan karena dapat bertahan lama di dalam ruangan ber-AC. Selain indah, tanaman ini juga mampu menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara.

Garber Daisy
Bunga daisy garber atau gerbera daisy ini memiliki warna-warni yang ceria. Sangat ideal jika diletakkan pada kamar mandi atau kamar tidur karena memberikan kesan warna-warni yang hidup, segar dan indah. Membuat orang betah berlama-lama di ruangan tersebut karena kecantikan bunganya yang begitu menarik perhatian. Hanya saja yang ini cocok untuk dekorasi bunga potong saja, karena pasalnya bunga daisy kurang cocok tumbuh di dalam ruangan, membutuhkan sinar matahari langsung atau cukup banyak.

Palem-Paleman
Hamir semua jenis tanaman palem dapat dan sangat cocok diletakkan di dalam rumah ataupun di perkantoran karena ukurannya yang dapat tumbuh tegak dan besar da pat menyerap polutan yang menempel pada furnitire rumah tangga atau barang-barang perkantoran lainnya. Untuk penempatan di dalam rumah, bisa Anda letakkan pada ruang keluarga dimana Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga tercinta. Dan untuk penempatan dikantor, bisa Anda letakkan pada meeting room atau juga pada waiting room.