5 Manfaat Tanaman Buah Semangka Untuk Kesehatan

5 Manfaat Tanaman Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan jantung dan tulang
Manfaat semangka yang pertama adalah menyehatkan jantung dan tulang. Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus kesehatan tulang, seperti dilansir Whfoods. Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan likopen yang sangat tinggi.

2. Semangka kaya likopen sebagai antioksidan
Selain jeruk dan jambu biji, semangka adalah sumber likopen yang luar biasa. Seperti sudah dijelaskan di atas, semangka kaya akan likopen. Selain untuk kesehatan jantung dan tulang, likopen berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Selain untuk kesehatan, manfaat semangka juga menunjang kecantikan wanita, misalnya saja membuat kulit terlihat sehat dan awet muda.

3. Menghindari dehidrasi dan kaya serat
Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai di wilayah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara 4 musim. Karena kandungan air yang sangat tinggi, manfaat semangka membuat seseorang terhindar dari dehidrasi, dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa. Selain itu, serat yang terkandung dalam semangka akan membantu seseorang terhindar dari sembelit.

4. Mengatasi dan mencegah impoten
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfanfaat buah semangka sebagai obat kuat alami untuk pria. Mengonsumsi semangka dapat memberikan efek yang sama dengan viagra, bisa mengobati impoten dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

5. Kaya witamin dan nutrisi penting
Semangka adalah buah yang memiliki beberapa vitamin dan mineral. Dalam 152 gram semangka akan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 20,4 persen, kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen dan magnesium 3,8 persen. Kabar baiknya, manfaat semangka sangat baik karena buah ini sangat rendah akan kalori, sehingga menikmatinya tidak akan membuat Anda khawatir akan menambah berat badan.