5 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker
Nangka adalah makanan yang mengandung banyak antioksidan dan zat fitonutrien untuk melawan kanker, termasuk lignan, isoflavon, dan saponin. Menurut Penn State University, dengan mengonsumsi antioksidan, kita bisa menetralkan radikal bebas, yang membantu melawan beberapa bentuk kanker.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Karsinogenesis menemukan bahwa vitamin C yang terkandung dalam nangka mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Buah nangka mengandung kalium, yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dosis sehat di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, hipertensi dan aterosklerosis.

3. Memperbaiki sistem pencernaan
Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. Selain itu, 90 persen buah ini adalah karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Kandungan karbohidrat pada nangka membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu makan.

4. Meningkatkan kesehatan tulang
Buah nangka mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Pasalnya kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Itu sebabnya, mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.

5. Baik untuk fungsi penglihatan
Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Beta karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan mata mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Lutein dan zeaxanthin adalah satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi di retina di mana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Jadikan nangka sebagai bagian dari diet rutin Anda untuk mengurangi risiko katarak, glaukoma dan degenerasi makula.