5 Jenis Tanaman Hias Nanas Merah

5 Jenis Tanaman Hias Nanas Merah

Sifatnya yang khas adalah tanamannya akan mati setelah berbunga dan berbiji, atau setelah menghasilkan tunas. Tunasnya muncul dari samping induk tanaman dan ketiak daun dari daun bawah ataupun daun yang terletak di atas.

Nama Cryptanthus berasal dari bahasa Yunani, yaitu Crypto yag berarti “tersembunyi” dan Anthos aertinya “bunga”. Sesuai dengan namanya, bunganya kecil dan kurang menarik, dan memang daya tarik tanaman ini terletak pada daunnya yang mempunyai corak dan kombinasi warna yang menawan

1. Cryptanthus Fosterianus
Warna dan corak daun jenis ini sangat indah. Bagian tengahnya merah kecokelat-cokelatan, sedangkan pinggirnya merah cerah. Corak daunnya yang seperti ular-ularan makin menambah keelokannya. Bentuk tanamannya kekar dan daunnya tebal. Pinggir daunnya bergerigi, tapi tidak terlalu nyata.

2. Cryptanthus Zonatus Zebrinus
Yang ini pun tak kalah indah, dan coraknya ada dua macam. Yang pertama, daunnya hijau segar dengan corak masih seperti “ular-ularan” cokelat muda; sedangkan yang kedua daunnya cokelat tua dengan corak putih agak kecokelat cokelatan. Daunnya agak tebal, gerigi di pinggir daun terlihat jelas. Tinggi tanaman kurang lebih cm.

3. Cryptanthus Diversifolius
Yang sangat menonjol dari jenis ini adalah daunnya yang lebih lebar daripada jenis lain. Daun tebal dengan pinggir daun bergerigi nyata. Corak daun berupa strip kemerah-merahan. Tingginya bisa mencapai 30 cm.

4. Cryptanthus Bivittatus Pink Starlite
Ukurannya kecil, maksimal ketinggiannya hanya 20 cm, dengan warna pink yang menyala. Corak daunnya strip-strip dengan bagian tengah hijau kecokelatan, sedang ke arah pinggir pink menyala.

5. Cryptanthus “it” “color band”
Konon tanaman ini dibawa dari Miami. Sepintas mirip sekali dengan Cryptanthus bivittatus Pink Starlite. Bedanya, ia mempunyai daun yang lebih lebar, lebih tipis, dan lebih lemas. Daunnya pun lebih tegak dan pinggirnya bergelombang.