5 Jenis Tanaman Hias Mudah Di Rawat

5 Jenis Tanaman Hias Mudah Di Rawat

Nggak cuma hemat dalam hal ruang, tanaman hias gantung juga sangat fleksibel dalam hal penempatannya. Kamu bisa menempatkannya di atas jendela, teras, atau bahkan dinding pagar asalkan tempat tersebut mampu memberikan sinar matahari yang cukup.

Untuk kamu yang belum pernah memiliki tanaman hias gantung, nggak perlu takut jika tanaman yang kamu miliki bakalan rewel karena ada banyak jenis tanaman hias gantung yang sangat mudah dirawat yang cocok untuk para pemula. Berikut beberapa jenis tanaman hias gantung untuk kamu para pemula yang menginginkan tanaman hias yang mudah dirawat.

Tanaman Petunia
Tanaman hias gantung Petunia adalah salah satu tanaman hias gantung populer karena tidak hanya mudah dipelihara, tetapi juga memiliki bunga yang rimbun serta variasi warna yang indah. Ya, berbeda dengan tanaman-tanaman hias sebelumnya, bunga dari tanaman hias gantung Petunia memang tergolong sangat rimbun, sehingga warna kelopaknya akan mendominasi lahan taman rumah milikmu. Petunia bisa jadi pilihan tanaman hias gantung untuk mengisi taman milikmu.

Black Eyed Susan Vine (Thunbergia alata)
Black Eyed Susan Vine adalah tanaman hias gantung yang berbunga. Bunga dari tanaman hias gantung ini memiliki bagian tengah berwarna hitam dengan warna kelopak yang bervariasi, dari kuning, putih, dan merah sehingga diberi nama “black eyed” alias bermata hitam.

Jenis bunga Black Eyed Susan Vine yang terpopuler adalah jenis bunga yang berwarna kekuningan karena dianggap mencolok dan cocok dengan ‘mata’-nya yang berwarna gelap. Dengan rimbunan daun yang padat, tanaman hias gantung ini sering diaplikasikan pada dinding dan juga.

Tanaman Hias Gantung Portulaca
Tanaman hias gantung selanjutnya adalah Portulaca. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias gantung ini merupakan tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatan, meski pertumbuhannya termasuk sangat lambat. Bunga ini juga cukup cepat dan sering berbunga sehingga pas untuk dijadikan penyejuk sekaligus dekor penghias rumah. Pengembangbiakan tanaman hias ini juga sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara setek.

Tanaman Sedum morganianum
Jenis tanaman hias gantung selanjutnya adalah Sedum morganianum yang masih memiliki kemiripan dengan tanaman kaktus, termasuk sifatnya yang membutuhkan banyak cahaya matahari, tapi sedikit air. Hal inilah yang menyebabkan Sedum morganianum sangat mudah dirawat. Sebagian orang menamai tanaman ini Kaktus Anggur.

Meskipun tidak memiliki bunga cantik seperti dua tanaman hias gantung sebelumnya, bentuknya yang unik menjadi daya tarik dari tanaman hias gantung satu ini. Warnanya yang hijau pucat juga menarik untuk memberikan variasi tanaman-tanaman gantung yang kamu miliki.

Tanaman Jenggot Putih atau Spanish Moss (Tillandsia usneoides)
Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak seperti apa rupa dari tanaman hias gantung satu ini. Tanaman hias gantung ini memiliki warna pucat keputihan dan daun yang berbentung runcing memanjang sehingga seperti untaian rambut berwarna putih. Bentuknya yang unik sangat cantik bila dijadikan tanaman gantung karena akan menjuntai ke bawah.

Mudah dirawat dan juga memiliki tampilan yang sangat unik, tanaman ini bisa jadi pilihan tanaman hias gantung favoritmu.