5 Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Dekorasi Rumah

5 Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Dekorasi Rumah

1. Tanaman Hias Keladi Red Star
Keladi merupakan kelompok tumbuhan dari genus Caladium. Salah satu varietasnya yaitu keladi red star bisa dijadikan tanaman hias daun. Tanam Keladi Red Star terkenal karena kecantikannya pada urat didaunnya yang berbentuk bintang dan warnanya yang merah cerah, tangkai daunya yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

Keladi red star termasuk tanaman yang amat mudah ditanam, tanaman hias ini juga cepat berkembang yang penting media tanamnya tetap dijaga tidak kering. Tanaman ini sebaiknya Anda simpan di tempat yang terpapar sinar matahari penuh, supaya warna merah pada urat daunnya makin timbul. Perawatannya hanya dengan penyiraman sekali dalam satu hari. Penyiraman harus ke medianya, jangan pada daun. Ketika media yang dipakai tidak kering, maka keladi akan tumbuh dengan indah, lebar dan warna pada daunnya akan lebih cantik.

2. Tanaman Hias Daun Puring
Tanaman puring (latin: Codiaeum variegatum) merupakan tanaman hias daun yang amat populer. Tanaman purin juga dikenal dengan nama kroton yang banyak ditemui di pekarangan. . uniknya, tanaman ini dulunya dianggap tidak berharga tetapi sekarang tanaman ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Tanaman ini akan banyak kamu temukan ini pada perumahan-perumahan mewah.Tanaman ini mempunyai warna daun yang bermacam-macam. Ada merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Bentuk daun dari tanaman purin panjang oval dan bergelombang. Jenis tanaman purin yang banyak menjadi incaran yaitu jenis Red Aple, Oscar, Puring Anting Raja, Logam, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga, dan jenis purin kura.

3. Tanaman Daun Dieffenbachia
Tanaman hias yang cukup banyak ditemui di pekarangan orang-orang. Tanaman ini dikenal di kalangan para pedagang tanaman hias sebagai daun bahagia. Dieffenbachia juga sangat mudah untuk dirawat. Tanaman ini juga tahan dalam ruangan walupun untuk rentan waktu tertentu. Warnanya akan cenderung gelap bila ditempatkan di dalam ruangan atau dibawah benda lain. Jadi bukan masalah bila tanaman ini dijadikan sebagai tanaman indoor.

Meletakkan tanaman ini pada dalam ruangan, selain dapat mempercantik ruangan juga bisa membersihkan udara. Menanamnya di halaman juga dapat membantu mengurangi gas polutan disekitar rumah. Tetapi, Anda juga perlu berhati-hati terhadap getah daun ini. Karena bisa mengakibatkan gatal-gatal ataupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya.

4. Tanaman Daun Aglaonema
Salah satu tanaman yang cukup popular, aglaonema. Tanaman aglaonema mempunyai daun yang berbentuk oval dan warnanya hijau, dan dihiasi bintik-bintik, garis yang warnanya abu-abu keperakan. Nama lain dari tanaman ini yaitu Sri rejeki. Tanaman ini juga amat mudah untuk di tanaman tanpa perlu perawatan secara intensif, tetapi tanaman ini amat memerlukan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang cukup lembab. Anda juga harus berhati-hati bila ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau, sebab tanaman ini akan gampang layu dan harus dibuang.

5. Tanaman Hias Daun Lidah Mertua atau Sansevieria
Tanaman Sansevieria atau orang banyak menyebutnya lidah mertua. Tanaman hias ini juga pernah kita bahas. Ada yang menduga penyebutan lidah mertua mungkin sebab bentuknya yang panjang yang menggambarkan seperti mertua yang cerewet. Hahaha.

Sansevieria mempunyai model yang cukup indah serta akarnya sangat kuat dalam menahan erosi. Tanaman hias daun ini harganya juga lumayan tinggi. Lekukan di bagian daunnya membuatnya terlihat menarik. Sansevieria ini juga banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Sansevieria yang bentuknya unik dan langka akan membuat harganya kian mahal di pasaran.

Dibalik bentuknya daunnya yang panjang menjulur, Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias daun yang dapat menyerap racun dari udara. Tanaman ini dapat membersihkan, menyerap dan menetralisir polusi dan racun di udara.