5 Jenis Bunga Hias Termahal di Dunia

Bunga hias – Bunga adalah salah satu hadiah paling indah dari alam yang dapat digunakan untuk hadiah dan ekspresi dalam perasaan cinta. Meski kebanyakan bunga cukuplah murah, namun beberapa bunga dibawah ini memiliki harga selangit yang tidak masuk akal.

Beberapa bunga ini dapat mengosongkan dompet anda dengan sebegitu cepatnya jika anda menginginkannya.

Berikut 5 jenis bunga hias termahal didunia:

1. Kadupul (Tidak Ternilai)

Kadupul

Bunga Kadupul adalah tanaman bunga yang termasuk dalam spesies kaktus dengan nama ilmiah yaitu Epiphyllum Oxypetalum. Umumnya, tumbuhan ini adalah tumbuhan yang menjalar di tanah namun terkadang ia juga dapat terlihat hidup menempel di pohon. Sebagian besar Tumbuhan Kadupul terdapat di hutan hujan tropis Sri lanka.

Ada alasan mengapa bunga ini sangatlah unik yaitu bunga ini hanya mekar pada jam 10-11 malam selama 2 jam lamanya. Pada saat ia mekar, ia akan mengeluarkan bau wangi yang manis dan kemudian layu sebelum saat mendekati subuh. Bunga Kadupul adalah bunga yang sangat sulit diperjualbelikan karena setelah dipotong maka bunga ini hanya dapat bertahan hidup selama beberapa jam saja sebelum akhirnya ia layu.

Bunga kadupul memiliki nama lain di beberapa negara seperti Queen of the night, Flower of The Moon ataupun Flower from The Heaven. Alasan mengapa bunga ini tidak ternilai adalah karena ia sangatlah langka dan sulit diperjualbelikan. Mungkin saatnya nanti ada orang yang berhasil memperjualbelikan bunga ini, maka harganya akan sangat luar biasa mahal.

2. Juliet Rose (200,7 Miliar)

Juliet Rose

Bunga mawar memang adalah bunga yang terkenal karena warna dan perlambangan mereka, namun bunga Juliet Rose satu ini terkenal karena harganya yang sangat mahal. Harga dari bunga ini adalah 200,7 Miliar dimana tiu adalah harga yang dibutuhkan untuk melakukan riset dan menghasilkan bunga ini. Muncul pada tahun 2006 pada acara Chelsea Flower, yang kemudian memukau semua orang dalam acara tersebut dengan warna persik dan penampilannya.

Dikembangkan oleh David Austin, ia membutuhkan waktu hingga 15 tahun lamanya untuk membudidayakan bunga Juliet Rose ini sebelum akhirnya dipublikasikan ke orang-orang di seluruh penjuru dunia. Bunga ini biasanya digunakan di berbagai acara yang sangat mewah maupun kegiatan penting seperti pernikahan.

Anda dapat memesan langsung bunga ini untuk acara tertentu di situs web David Austin, dengan harga 10 tangkai bunga ini adalah sekitar 82 US Dollar atau 1,26 juta Rupiah.

3. Shenzhen Nongke Orchid (2,5 Miliar)

Shenzhen Nongke Orchid

Anda pasti cukup terkejut mendengar harga dari bunga ini bukan? Ya, 2,5 Miliar. Harga tersebut didapatkan dari pelelangan bunga di tahun 2005. Sebenarnya bunga ini sendiri adalah bunga buatan yang dikembangkan oleh seorang ilmuwan di Universitas Shenzhen Nongke. Dalam pengembangnnya, ia membutuhkan waktu 8 tahun dan bunga ini sendiri membutuhkan waktu 4 hingga 5 tahun lamanya untuk dapat mekar.

Alasan mengapa harganya bisa sangat tinggi adalah karena kelangkaan, cara pengembangbiakkannya, later belakang, dan juga penampilannya. Saat dimakan bunga ini disebut-sebut memberikan rasa yang sangat enak.

4. Gold of Kinabalu Orchid (76 Juta Per Potong)

Gold of Kinabalu Orchid

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mekar, bunga ini dikategorikan sebagai bunga yang membutuhkan kesabaran dalam perawatannya. Dibutuhkan waktu 8 hingga 10 tahun untuk dapat memiliki bunga Gold of Kinabalu Orchid yang telah tumbuh dewasa. Mungkin inilah sebabnya mengapa bunga ini bisa sangat mahal.

Anda dapat menikmati pemandangan hamparan bunga ini di Kinabalu National Park, Malaysia. Di sana Anda dapat menemukan berbagai macam spesies bunga maupun tumbuhan, namun hanya 1 tanaman yang harganya mencapai puluhan juta, yaitu bunga ini. Oleh karena itu tanaman ini dinamakan Gold of Kinabalu Orchid, yaitu salah satu bunga anggrek termahal di dunia. Jika Anda ingin menyaksikan pemandangan bunga ini maka datanglah pada bulan April atau Mei.

5. Saffron Crocus (15-19 Juta Per Pon)

Saffron Crocus

Dapat tumbuh hingga 20-30 centimeter, Saffron Crocus adalah bunga yang sangat indah apabila ia tumbuh dengan baik. Dalam perkembangannya, ia membutuhkan sinar matahari langsung. Bunga ini sendiri adalah bunga yang sering digunakan sebagai bumbu masak dan dikenal secara khusus sebagai bumbu Saffron.

Tentu saja untuk menghasilkan bumbu masak dari bunga ini tidaklah murah dan mudah. Dibutuhkan sekitar 50.000 hingga 70.000 bunga kering Saffron hanya untuk menghasilkan 450 gram ekstrak bunga ini. Tidak membingungkan apabila bunga ini adalah salah satu bunga termahal di dunia. Negara seperti India, Persia, Eropa, Arab dan Turki sering menggunakan Saffron dalam masakan kuliner mereka.