4 Cara Menanam Bunga Lipstik Untuk Pemula

4 Cara Menanam Bunga Lipstik Untuk Pemula

Persiapan Menanam Bunga Begonia
Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga lipstik adalah melakukan persiapan terlebih dahulu. Seperti yang anda ketahui walaupun cara menanam bunga lipstik sangat mudah, namun anda juga harus mengenali karakteristik bunga lipstik yang akan anda tanam terlebih dahulu. Adapun langkah- langkah dalam persiapan menanam bunga lipstik:

  • Perkirakan waktu yang tepat untuk menanam bunga lipstik anda, usahakan saat itu tidak sedang hujan agar penyinaran maksimal. Akan lebih baik jika anda menanamnya saat musim panas ataupun pada waktu dimana kondisi cuaca yang baik dan tidak terlalu dingin.
  • Perlu anda ketahui juga bahwa bunga lipstik tidak terlalu suka dengan cuaca yang terlalu dingin berbeda dengan Cara Menanam Venus Flytrap Dari Biji, anda bisa menanamnya di awal bulan mei.
  • Setelah itu persiapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan sebagai media tanam seperti pot, tanah, pupuk, peralatan tanam, dan air.
    Pilihlah lokasi tanam yang bebas dari limbah, terutama polusi udara dari asap kendaraan bermotor ataupun asap dapur.

Bibit Bunga Lipstik
Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bunga lipstik yaitu menyiapkan bibit bunga lipstik. Untuk memperolehnya cukup mudah berbeda dengan Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Ampas Tahu, anda bisa membelinya di toko tanaman hias ataupun bibit tanaman bahkan anda bisa memperolehnya secara online. Adapun penjelasan singkat mengenai bibit bunga lipstik:

  • Untuk memastikan bibit bunga lipstik yang ingin anda tanam berkualitas dan layak tanam, anda bisa melihat review atau bertanya kepada penjual mengenai kualitasnya.
  • Pilihlah bunga lipstik yang tidak cacat dan tumbuh tegak, ini merupakan salah satu ciri bibit bunga lipstik memiliki kualitas yang baik nantinya. Dan hindari memilih bibit bunga lipstik dengan bentuk melengkung dan tidak berdaun utuh.
  • Anda bisa memilih bunga lipstik dengan ketinggian kurang lebih 10cm hingga 15cm, ini merupakan ciri bibit yang siap tanam.
  • Setelah anda menemukan bibit yang pas, letakkan bibit bunga lipstik di tempat yang sejuk dan kering sembari anda menyiapkan media tanam.

Media Tanam Bunga Lipstik
Setelah anda menyiapkan bibit bunga lipstik yang sesuai, kini saatnya anda membuat media tanam. Dalam cara menanam bunga lipstik, anda bisa menanamnya di berbagai media seperti pot ataupun di tanah langsung, untuk lebih jelasnya berikut kami sampaikan bagaimana cara membuat media tanam yang baik :

  • Pertama pilihlah lokasi yang tepat terlebih dahulu, untuk lokasinya pastikan bahwa bunga lipstik anda selain terbebas dari polusi juga mendapatkan penyinaran cukup. Perlu anda ketahui bahwa tanaman bunga lipstik sangat suka dengan sinar matahari, akan sangat baik jika ia dibiarkan tumbuh di paparan sinar matahari.
  • Namun agar bunga lipstik anda tetap terjaga keindahannya, pastikan suhu lokasi hangat.
  • Setelah itu jika anda menanamnya di tanah secara langsung, cangkul area lahan sedalam 12 inci atau sekitar 30cm. Lalu campurkan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos ke dalam tah.
  • Untuk meminimalisir adanya hama dan penyakit, anda bisa menambahkan serbuk kayu ataupun gambut pada tanah media tanam dan perdalamlah galian pada media tanam kira- kira sedalam 5 hingga 10cm untuk menambah ruang pada tanaman nantinya jika sewaktu- waktu terjadi banjir ataupun genangan.

Berbeda jika anda menamnya di dalam pot, anda bisa langsung memasukkan tanah yang telah dicampur pupuk kandang ataupun kompos terlebih dahulu lalu buatlah lubang tanam sedalam 5 hingga 10cm.
Setelah anda membuat lubang tanam yang pas, masukkan bibit bunga lipstik ke dalam lubang tanam. Tutup lubang tanam dengan tanah campuran pupuk dan jangan lupa untuk memadatkannya agar bunga lipstik dapat berdiri kokoh.

Perawatan Bunga Lipstik
Adapun cara merawat bunga lipstik agar dapat tumbuh dan terjaga keindahan bunganya. Caranya sangat mudah dan ekonomis berbeda dengan Cara Menanam Rumput Jepang , anda hanya perlu memperhatikan penyiraman, nutrisi serta menghindarkan dari hama dan penyakit. Berikut penjelasannya :

  • Perhatikan penyiraman yang anda lakukan, terlalu banyak memberi air akan merusak tanaman bunga lipstik. Anda sebaiknya menyiramnya secukupnya dan tidak terlalu sering. Jika akar terlalu sering terkena air maka beresiko terhadap akar dan menimbulkan masalah jamur.
  • Bunga lipstik tidak akan berbunga tanpa mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun hindari untuk menempatkan bunga lipstik pada cahaya matahari yang terlalu terik. Bunga lipstik hanya memerlukan cahaya cukup dalam sehari namun tidak untuk sepanjang hari.
  • Jangan lupa untuk memberi pupuk tambahan setiap 2 minggu sembari anda memangkas tanaman bunga lipstik untuk menjaga kebersihannya.
  • Perhatikan selalu tanaman bunga lipstik anda untuk menjaganya dari berbagai macam penyakit dan hama. Anda bisa menyemprotkan pestisida dan insektisida untuk mengatasi hama yang ada.