3 Tips Merawat Bunga Agar Tetap Subur

3 Tips Merawat Bunga Agar Tetap Subur

1. Perhatikan peletakan tanaman

Anda dapat memilih meletakkan tanaman hias pada pot atau pun langsung ditanam di dalam tanah. Namun kebanyakan tanaman hias jenis bunga akan ditanam di dalam pot. Untuk hal ini, Anda harus menyesuaikan ukuran pot dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam.

Begitu pula dengan lokasi peletakan, sebaiknya melihat pada jenis tanaman hias tersebut. Jika tanaman seperti kaktus, atau sukulen, serta kebanyakan jenis bunga akan menyukai tempat dengan pancaran sinar matahari yang melimpah. Berbeda halnya dengan tanaman hias daun-daunan yang butuh tempat teduh untuk dapat tumbuh dengan baik.

Karakteristik dari masing-masing tanaman itulah yang harus Anda pahami agar dalam penataannya semua tanaman dapat bertumbuh dengan subur.

2. Tentukan media tanamnya

Sama seperti lokasi peletakan tanaman, pada cara merawat bunga agar subur ini juga diperlukan pemahaman tentang jenis atau tipe tanah yang dibutuhkan oleh masing-masing bunga atau tanaman. Contohnya jenis tanah untuk menanam rumput gajah mini akan berbeda dengan jenis tanah untuk menanam tembakau.

Secara umum, media tanam yang digunakan bisa lembab, kering, atau pun kombinasi dari keduanya. Sesuaikan isian dari media tanam ini dengan karakteristik bunga. Misalnya, untuk bunga yang menyukai tingkat kelembapan tinggi, Anda dapat mencampurkan tanah dan humus dengan perbandingan 1/2 : 1/2.

Sedangkan untuk bunga yang mencintai kondisi tanah yang kering, Anda dapat memakai campuran 1/2 pasir dan 1/2 kompos. Dan untuk bunga dengan tipe kombinasi, pakailah ketiga unsur yang kami sebutkan di atas, yaitu tanah, pasir, dan kompos.

3. Lakukan pemangkasan

Pemangkasan dilakukan tidak hanya untuk menjaga tanaman selalu rapi dan terbentuk sesuai dengan keinginan kita. Lebih jauh pemangkasan pucuk-pucuk atau tunas dapat memancing munculnya bakal-bakal bunga. Taman tanpa bunga yang bermekaran tentu terasa hambar.

Oleh karenanya, lakukan pemangkasan secara teratur saat bunga atau tanaman Anda bertumbuh terlalu liar atau tidak keunjung menampakkan bunganya. Proses ini dapat pula dilihat di cara budidaya bunga mawar dalam pot.