14 Macam Bunga Hias Asli Indonesia

14 Macam Bunga Hias Asli Indonesia

Bunga hias – Indonesia sebagai negara tropis memiliki berbagai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Namun terkadang kita tidak menyadari kekayaan bangsa ini dan akhirnya menjadi cenderung kurang menjaganya, terutama geragaman flora yang ada.

Salah satu kekayaan flora di Indonesia adalah macam macam bunga hias yang cantik.

Berikut 8 macam Bunga Hias Asli Indonesia Untuk Taman.

1. Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Bunga Anyelir meruoakan tanaman herba pendek yang maksimum tingginya 40 cm. Tanaman ini merupakan tanaman semusim. Warna bunga terlihat cukup atraktif dengan diameter berkisar 3 cm.

2. Bunga Kembang Telang

Bunga Kembang Telang

Tanaman ini merupakan tanaman merambat yang mudah tumbuh. Di berbagai daerah di Indonesia tanaman ini masih tumbuh liar. Bunga Kembang Telang dapat berfungsi sebagai pemanis tampilan gendola. Bunga ini ternyata juga dapat mengobati bisul, demam, iritasi kandung perih dan sakit telinga.

3. Bunga Oleander Rambat

Bunga Oleander Rambat

Bunga ini baunya harum dan berwarna pink. Bunganya muncul bergerombol dalam jumlah beberapa kuntum pada satu tangkai. Mahkota bunganya mekar melebar mirip bunga alamanda tetapi memiliki jurai jurai yang keluar ke permukaan. Tanaman ini sangat cocok di jadikan tanaman rambat penghias pekarangan.

4. Bunga Nona Makan Sirih

Bunga Nona Makan Sirih

Bunga hias yang masuk famili verbenaceae ini memiliki bunga yang mekar setiap tahun berbentuk putih. Bunga ini biasanya digunakan sebagai tanaman bedengan.

5. Bunga Pasiflora

Bunga Pasiflora

Yang mencolok dari tanaman ini adalah bentuk bunganya yang indah dan unik. Bunga ini ada yang berwarna ungu ada juga yang berwarna merah. Bunga pasiflora berukuran cukup besar yaitu sekitar 7-10 cm.

6. Bunga Cangkir Mas

Bunga Cangkir Mas

Tanaman yang bernama ilmiah Solandra longiflora ini memiliki bunga yang bentuknya mirip cangkir-muncul tangkai dan menjulur ukurannya agak besar menyerupai tropi. Dahannya mengandung zat kayu yang kerjas.

7. Bunga Kuku Macan

Bunga Kuku Macan

Bunga ini merupakan tanaman asli jawa dan bali. Tampilam bunga ini tidak seseram namanya. Bunga kuncup bentuknya bulat memanjang. Selain bentuknya yang menarik sebagai hiasan taman. Bunga ini berkhasiat sebagai obat.

8. Bunga Dahlia

Bunga Dahlia

Bunga ini merupakan tanaman semusim, sebagai bunga hias taman bunga dahlia berfungsi sebagai bunga bedengan.

9. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia inimerupakan tanaman yang berbunga pada musim kemarau. Jika terkena siraman air hujan bunganya akan rontok. Bunga euphorbia ini sering digunakan sebagai tanaman pot.

10. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Ga usah di jelaskan lagi ya tentang bunga anggrek karena membahas tentang bunga ini bisa satu buku sendiri. Bunga anggrek dapat dijadikan tanaman gantung maupun ditaruh dalam pot.

11. Bunga Wijaya Kesuma

Bunga Wijaya Kesuma

Di angka 11 ini kita tampilkan bunga yang bernuansa sedikit mistis. Hal ini dikarenakan bunga wijaya kesuma hanya mekar pada malam hari sekitar jam 12 malam dan akan kuncum kembali beberapa saat kemudian. Selain ditanam sebagai tanaman hias pot bunga wijaya kusuma sering dijadikan center point taman.

12. Bunga Flamboyan

Bunga Flamboyan

Bunga ini berbunga saat musim kemarau selama 3-4 bulan. Sebelum berbunga bunga flamboyan akan mengugurkan daunnya sehingga terlihat gundul. Bunga ini cocok digunakan sebagai tanaman pelindung di taman.

13. Bunga Pandorea

Bunga Pandorea

Bunga Pandorea merupakan bunga hias yang biasa dijadikan hiasan pagar. Bunga asli Indonesia ini tumbuh merambat dan berbunga setiap tahun.

14. Bunga Kenikir Hias

Bunga Kenikir Hias

Tanaman ini bersifat annual. Tinggi tanaman 1m warna bunganya kuning dan orangye dengan diameter 8 cm. Bunga kerikir hias ini biasanya di gunakan sebagai tanaman bedengan.