10 Cara Merawat Tanaman Hias

10 Cara Merawat Tanaman Hias

Memilih Jenis Tanaman
Untuk merawat tanaman hias agar tetap subur, pertama-tama Anda perlu cermat memilih jenis tanaman yang akan digunakan. Anda perlu menyesuaikan karakteristik tanaman tersebut dengan iklim hunian Anda tinggal. Jangan sampai gara-gara perbedaan musim yang dimiliki, tanaman tersebut malah mati dan tidak dapat tumbuh dengan baik.

Menentukan Media Tanam
Setelah menemukan tanaman hias yang cocok, Anda juga perlu memilih media tanam yang tepat. Apakah akan diletakan langsung di tanah atau dengan menggunakan media pot. Orang-orang memang lebih cenderung menggunakan pot sebagai media tanam. Jika Anda juga memilih pot, maka Anda perlu menyesuaikan besaran pot yang digunakan dengan jenis tanaman. Jangan sampai pot terlampau lebih besar apalagi sampai kekecilan.

Memberikan Pupuk
Pemberian pupuk pada tanaman adalah faktor yang sangat penting. Sebab pupuk berpengaruh terhadap kesuburan tanaman hias Anda. Terdapat dua pupuk yang perlu Anda gunakan, yakni pupuk utama atau dasar, serta pupuk tambahan. Untuk pupuk utama Anda dapat menggunakan jenis pupuk organik yang dicampur dengan tanah. Jika di rumah Anda terdapat lubang biopori, Anda juga dapat menggunakan pupuk yang dihasilkan dari lubang tersebut. Sebab salah satu manfaat lubang biopori adalah mengubah sampah menjadi pupuk. Sedangkan untuk pupuk tambahan Anda dapat menggunakan pupuk kimia dengan kadar yang disesuaikan.

Menyiram Secara Teratur
Tanaman memiliki ketergantungan terhadap air. Untuk menjaganya tetap tumbuh subur dan juga berkembang, penyiraman rutin perlu dilakukan setiap harinya. Namun jangan sampai air yang diberikan berlebihan karena dapat membuat tanaman tersebut mati. Faktor yang paling penting dari penyiraman tanaman adalah menjaga tingkat kelembaban tanaman tersebut.

Kelembaban Tanaman Hias
Seperti yang sudah disinggung di point sebelumnya, kalau kelembaban tanaman hias merupakan suatu faktor yang sangat penting. Cara mengetahui tingkat kelembaban tanaman hias adalah dengan cara memperhatikan warna tekstur yang terdapat pada tanaman hias di rumah. Apabila daun terlihat layu dan berwarna cokelat atau pun kuning, maka dapat disimpulkan tingkat kelembabannya tidak cukup. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memindahkan tanaman hias pada area yang lebih sejuk.

Penyiangan Tanaman Hias
Penyiangan tanaman hias dilakukan untuk menjaga kebersihan dan tampilan tanaman agar selalu indah. Penyiangan tanaman biasanya dilakukan apabila salah satu daun terlihat layu dan menguning.

Hama Tanaman Hias
Hama merupakan salah satu musuh tanaman hias yang wajib Anda waspadai. Hama yang biasa menyerang tanaman hias dapat berupa ulat dan juga belalang. Pada dasarnya pencegahan dan cara mengatasi hama dapat berbeda-beda pada berbagai jenis tanaman hias. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menyemprotkan pestisida dalam dosis yang dianjurkan. Jangan sampai memberikan pestisida secara berlebihan sebab dapat berdampak pada tanaman itu sendiri.

Pemangkasan Tanaman Hias
Memangkas tanaman hias penting dilakukan sebagai salah satu cara merawat tanaman hias. Penanaman tanaman tentunya dimulai ketika masih kecil. akan tetapi seiring perkembangan waktu, tanaman akan semakin tumbuh dan berkembang. Mulai dari bunga, daun, batang dan juga akar. Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan ukuran pot dari waktu ke waktu. Pada saat proses pemindahaan tanaman ke pot baru, Anda dapat memangkas beberapa akar yang membandel agar muat.

Mengatur Pencahayaan Tanaman
Meskipun terdapat beberapa macam tanaman yang tidak kuat terhadap cahaya berlebih, namun sebagian besar tanaman tetap membutuhkan sinar matahari. Agar tananaman tumbuh sehat, maka ia harus diletakkan pada area-area yang mendapatkan sinar matahari cukup. Tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Menata Letak Tanaman Hias
Penataan tanaman hias ternya merupakan bagian dari cara merawat tanaman hias itu sendiri. Supaya menghasilkan nuansa yang berbeda, Anda dapat memadukan berbagai jenis tanaman dengan warna yang beraneka ragam. Dengan begitu tampilan rumah Anda akan semakin asri dan indah dipandang.